09 Desember 2016

Morourip Starter: Nyalakan Mobil dengan SMS





Assalamualaikum Wr.  Wb.
Melengkapi postingan sebelumnya tentang cara menghidupkan motor menggunakan panggilan HP (miskol), kali ini Ane akan memaparkan tentang cara mudah dan sederhana menghidupkan/menstarter mobil dengan SMS dengan desain Morourip Starter, hehe. Rangkaian SMS Car Starter kali ini menggunakan mikrokontroller ATmega 328 dengan media Arduino Uno R3. Walaupun judulnya starter mobil, namun tentu bisa  diaplikasikan untuk motor, asal kapasitas accu juga diperhitungkan.

Rangkaian ini pada prinsipnya berisi program agar menerima SMS dengan format tertentu, kemudian meneliti karakter SMS tersebut, dan untuk selanjutnya menyesuaikannya terhadap perintah yang sudah ditentukan pada kode program. Dalam urutan rangkaian, perintah selanjutnya adalah mengirimkan SMS ke nomor yang telah ditentukan pada program, sebagai bentuk umpan balik (feedback). Dengan demikian,  selain Ane memberi perintah menghidupkan atau mematikan mesin mobil,  setelah beberapa saat,  Ane juga bakal dapat laporan SMS kondisi terakhir  mobil (on/off). Hal ini demi kepastian,  karena ini mobil mahal meen...

Rangkaiannya relatif mudah dibuat, bahkan oleh para pemula mikrokontroller sekalipun, dan cukup efektif sebagai media pembelajaran. Kode dasar bahasa pemrograman dan perintah SIM900 juga telah disertakan pada postingan kali ini. Agar interface-nya lebih mudah dan menarik, Ane juga akan memberi contoh sederhana cara pengiriman SMS (untuk memberikan perintah) yang menggunakan aplikasi HP Android (APK), untuk keperluan ini Ane menggunakan APP Inventor.

Sebelumnya, untuk memberi semangat Agan-Agan sekalian, perlu juga kiranya dipaparkan tentang beberapa hal terkait remote SMS ini untuk menyalakan mobil/motor, antara lain:



1)      Dapat menjangkau jarak sangat jauh,  antar kota antar propinsi :),  sepanjang ada jaringan operator. Berbeda dengan koneksi bluetooth yang hanya beberapa meter saja.
2)      Untuk memanaskan mobil/motor sebelum dipakai atau ketika mobil ditinggal berhari-hari di rumah,
3)      Untuk mendinginkan (AC) mobil beberapa saat sebelum digunakan,
4)      Tambahan fitur klakson remote yang  dapat berguna untuk keamanan,  pada saat mobil diparkir jauuh dark kita.
5)      Terakhir kelihatan penting gak penting,  tentu buat gaya-gayaan...
6)      Kelemahan utama penggunaan remote SMS ini adalah ia mempunyai jeda beberapa detik sebelum pesan sampai ke penerima (client),  mengingat pesan  yang dikirim harus melalui server terlebih dahulu.  

Oke,  kita langsung saja ke proses pembuatan.
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
1. Arduino Uno R3 (mikrokontroller ATmega 328),


2. Shield GSM SIM900,

3. Seberapa jumper ‘wanita’ dan  ‘pria’

4. Modul relay 4 channel (Ane memilih bikin sendiri),
Apabila Agan bingung terkait kinerja modul relay di atas, silakan membaca link berikut  https://lukmannet.blogspot.co.id/2015/07/trik-pengalaman-harian.html



5. Led Indikator (Opsional), berguna terutama saat pengujian,


Cara Pembuatan Car SMS Starter 'MOROURIP'


1. Susunlah rangkaian sebagai berikut:
    (Saran: untuk tahap awal, sebaiknya menggunakan kabel jumper terlebih dahulu)


Perhatikan posisi jumperpada tanda panah

2. Pelajari, ketik, dan upload kode di bawah ini ke kit Arduino Uno.


3.     Hubungkan output pin 2,3, dan 4 dengan LED terlebih dahulu, sedanglan input pin 12 dengan rangkaian feedback, baik menggunakan relay, sensor getaran, sensor suara, atau yang lain.
4.  Masukkan sebuah SIM Card GSM aktif ke slot kartu pada SIM900, pastikan tanpa password, nyalakan push button sampai netlight SIM900 menyala lambat (artinya sudah teregister ke jaringan GSM). 
5.   Kirim SMS berupa karakter #a1b1c1 ke nomor kartu tersebut, jika rangkaian sudah betul, seharusnya ketiga LED/relay menyala walaupun sebentar. Jika belum, silakan cek secara menyeluruh baik kode program maupun hardwarenya dengan sabar dan jangan lupa berdzikir agar usahanya barokah.pada SIM900, maka pada saat SMS diterima, LED akan berkedip sebentar. 
6.  Kalau dari perangkat Arduino belum terintegrasi dengan SIM900, tekanlah tekanlah tombol reset pada Arduino untuk memulai koneksi dari awal.

Gambaran Desain:



1.      Arduino mempunyai 3 output ke modul relay dan 1 input dari kontaktor relay, sebagai berikut:
a)      3 relay output berturut-turut digunakan untuk menghidupkan kontak mobil, menyalakan electric starter (3 detik), dan bonus menyalakan  klakson (0,4 detik). Tentu kode bisa diganti sesuai  selera,  termasuk  jika dikehendaki bunyi klakson 2x. Jangan lupa, alarm central lock harus dalam kondisi off, jika tidak, ia akan 'bernyanyi' keras saat saklar mobil dinyalakan oleh relay, demikian juga posisi persneleng HARUS posisi nol.
 b)      1 relay input, yang mana kondisi kontaktornya (NO) digunakan sebagai masukan pin12,  yang mana pada kondisi relay off,  dengan perintah PULL_UP,  masukan pin menjadi jadi HIGH.  Sedangkan pada saat relay on, masukan menjadi LOW. Kondisi inilah yang dijadikan acuan pemberitahuan lewat SMS, mesin mobil sedang hidup atau mati.  Dengan demikian,  catu daya relay haruslah dapat mewakili mesin benar-benar hidup.  Salah satu cara relatif mudah adalah dengan mencuplik tegangan dari dinamo ampere mobil.  Selain itu terdapat alternatif menggunakan sensor getaran atau suara.
2.      Shield GSM SIM900 bertugas meneliti karakter tertentu sebagai bahan komunikasi dengan arduino untuk digunakan menjalankan perintah terkait. Shield yang dipakai buatan SINCOM seperti yang tertera pada gambar,  untuk  jenis lain,  silakan mencari sendiri referensinya. Perlu juga diketahui jika Shield GSM ini konon memerlukan daya yang relatif besar, sehingga penggunaan untuk sepeda motor perlu diperhatikan kapasitas baterainya.
3.      Pencabangan setiap saklar kontak pada mobil harus dilakukan secara paralel relatif terhadap kontaktor relay, sehingga koneksi yang ada sama sekali tidak mempengaruhi penyalaan mobil manual sebagaimana biasa.

Penambahan Fitur
1.      Pin lain yang tersisa pada kit arduino masih dapat dimanfaatkan untuk mengontrol fitur lain dalam mobil,  Berikut ini sebuah contoh kode untuk mengontrol nyala 8 buah LED menggunakan SMS yang pernah Ane coba. 

  

2.   Aplikasi pengirim SMS dengan APP Inventor
     Proses pengiriman SMS ke SIM900 dapat dibuat lebih mudah dan keren dengan menggunakan aplikasi HP (Android). Untuk ini Ane akan memberi contoh sederhana aplikasi 3 tombol, yaitu untuk menyalakan/starter, mematikan, dan mematikan dengan disertai bunyi klakson. Sesuaikan masing-masing tombol dengan block di bawahnya. Secara singkat dapat dijelaskan, bahwa pada block Agan diminta menentukan nomor HP dan isi SMS yang akan dikirimkan ke SIM900. Tentu ini bisa ditambahkan lagi dan divariasikan sesuai keinginan Agan.





VERSI 2

3.   Modifikasi Klakson Konvensional Menjadi Telolet
     Sebagaimana diketahui, klakson mobil pada umumnya membunyikan 2 jenis perangkat klakson secara bersamaan, namakan saja klakson suara rendah dan tinggi. Untuk memfungsikan semacam bunyi mirip 'telolet' untuk klakson konvensional, Agan harus memisahnya sehingga Agan dapat membunyikannya sendiri-sendiri dan/atau bersamaan melalui penugasan dua pin mikrontroller. Berikut ini contoh kode yang bisa Agan kembangkan sendiri nantinya.

 
  Adapun wiring diagram yang dibuat sama sekali tidak mempengaruhi pembunyian klakson dari saklar stir, dengan jalan memfungsikan kontaktor Normally Closed pada relay.





Bersambung....