17 Agustus 2016

Remote Pintu Pagar 'MOROBUKA'




Pendahuluan 
Bayangkan kondisi seperti ini:
1. Anda pulang kerja, capek, dan begitu mobil sampai di depan rumah, ternyata pintu pagar terkunci dari dalam dan kebetulan orang dalam rumah tertidur dan sulit dibangunin. :)
2. Anda sudah tiba di depan rumah dan tinggal membuka pagar dengan kunci yang saat itu Anda pegang. Namun apa daya, Anda sulit melakukannya karena saat itu hujan deras sekali. :). Walaupun Anda mempunyai payung di dalam mobil, pasti sepatu jadi basah-basahan deh. Apalagi tidak bawa payung? :)
3. Saking seringnya pagar dibuka-tutup sampai Anda merasa capek atau kelupaan menutupnya kembali, apalagi posisi pintu pagar agak jauh,  hujan lagi. Pffff...
4. Anda memiliki orang usia lanjut di rumah atau seseorang yang lemah fisik yang tidak mungkin setiap saat melakukan buka-tutup pagar. 

Solusi
Menindaklanjuti postingan sebelumnya  tentang pembuatan sendiri mesin buka-tutup pintu gerbang, maka kami berupaya untuk mempermudah lagi cara membuka dan menutup pintu pagar,  pintu garasi mobil,  pintu gerbang,  apa pun namanya dengan hanya memencet remote gantungan kunci pada genggaman Anda. Adapun Trade Mark yang sengaja kami sematkan kepada remote pagar ini adalah 'MOROBUKA', dengan filosofi gerbang/pagar/garasi moro-moro terbuka tanpa didorong... 

MOROBUKA merupakan rangkaian DIY elektronik yang didesain sebagai driver wireless untuk motor induksi AC 220V (bisa juga motor DC) untuk tujuan penggerak pagar.  Remote mobil dipakai dengan alasan desainnya yang elegan, sisi enkripsi keamanan yang terjamin, bentuknya yang kecil, serta banyak tersedia ragam model di pasaran. Desain sudah mengalami banyak penyempurnaan dan uji coba sehingga menjadi aman dioperasikan para manula sekali pun yang sering salah pencet, hehe. . 

Namun demikian, mengingat MOROBUKA hanya berupa driver motor, maka sedikit banyak diperlukan campur tangan keterampilan Anda atau rekan Anda guna melengkapi sisi mekanis pelengkap remote pagar ini. Pada postingan mesin buka/tutup pintu gerbang telah dijelaskan secara detil contoh bagaimana membuat sisi mekanisnya dan tentunya bisa Anda kembangkan sendiri sesuai dengan keahlian dan bentuk/posisi pagar/gerbang/garasi yang menurut Anda lebih baik. Salah satu desain motor induksi pabrikan sebagai penggerak pagar barangkali bisa dilihat di http://www.griyatekno.com/mobile.php?main_page=index&manufacturers_id=16



Keunggulan Desain DIY MOROBUKA
1.     Universal 
a)       Dari sisi elektronik, modul utama menggunakan Alarm Car Central Lock yang banyak tersedia di pasaran dan pastinya sudah teruji keamanannya selama bertahun-tahun. Modul alarm ini tentu dapat diganti dengan jenis alarm mobil lain yang sejenis.  Hal ini mungkin sangat berbeda dengan mesin pabrikan yang sparepartnya mau-tidak-mau harus sama.
b)       Dari sisi mekanik ditujukan agar menggunakan komponen yang universal yang mudah ditemui di pasaran, antara lain motor induksi, gearbox, dan pasangan gear - rack gear yang bisa dibuat oleh tukang las dimanapun, sehingga baik untuk media pembelajaran.
c)    Tidak menutup kemungkinan jika alat ini digunakan untuk alat mekanis selain tujuan untuk buka-tutup pintu pintu gerbang/pagar, terutama menyangkut penggunaan motor induksi yang bisa dibolak-balik putarannya.
d)   Karena menggunakan komp universal,  misalnya suatu ketika  memutuskan untuk tidak lagi menggunakan mesin buka-tutup pintu gerbang,  kita masih bisa menggunakan partnya untuk keperluan lain,  berbeda jika mneggunakan pabrikan,  maka hampir semua bisa dipastikan mangkrak di gudang.  

2.     Instalasi yang Mudah
Jalur pengkabelan dibuat sesederhana mungkin agar mudah melakukan instalasi, serta menggunakan komponen berkualitas di kelasnya,  untuk menjangkau umur maksimal dan tidak merepotkan saya apabila ada permasalahan,  hehehe..

3.     Heavy Duty (Mampu Melaksanakan Beban Berat)
Alat ini dirancang agar dapat menangani beban motor induksi 1 fasa dan 3 fasa dengan daya relatif besar, penyesuaian yang mungkin perlu dilakukan hanya menambah kapasitas kontaktor relay untuk beban di atas 1kW. 

4.     Pemeliharaan yang relatif mudah
Komponen mekanis alat ini mudah dimengerti jika pada bagiannya terdapat permasalahan,  misalnya v-belt yang kurang kencang,  rack gear kurang pelumasan,  dan sebagainya. Dengan demikian,  orang awam pun dapat dengan mudah melakukan  maintenance. Sedangkan pada sisi elektronik, kami sudah berupaya menggunakan komponen terbaik dengan perkiraan umur pemakaian relatif tidak terbatas.

5.     Bisa Mennggunakan  Motor DC
    Alat ini memberi opsi penggunaan motor DC 12V dengan catu daya dari ACCU, sehingga tidak lagi tergantung pada nyala listrik PLN. Namun terkait desainnya, Anda harus merekayasanya sendiri. 

 6.  Memiliki alarm yang dapat mendeteksi gerakan manusia setiap saat
Seperti halnya cara mengoperasikan remote mobil, Anda dapat juga membunyikan alarm hanya dengan menekan remote dalam genggaman Anda. Ini akan sangat bermanfaat jika Anda merasakan sesuatu yang mencurigakan di sekitar rumah Anda. Selain itu, untuk versi terbaru sudah ditambahkan sensor PIR yang akan membunyikan alarm saat ada gerakan manusia, sehingga Anda akan tenang bersamanya. 

Fungsi Rangkap Buka-Tutup Pagar: MOROBUKA dan Manual
Terkadang karena seringnya pemadaman listrik PLN di rumah, Anda lebih menghendaki pagar Anda dapat dibuka baik menggunakan mesin atau pun manual biasa. Untuk tujuan ini dapat diakali dengan penempatan gear rack yang dapat dibongkar pasang. Sebenarnya ini adalah area tukang las, namun baiklah sebagai tukang listrik ane akan jelaskan beberapa alternatif movable gear rack versi ane di bawah ini. Alternatif lain menurut ane bisa juga menggunakan tuas jajaran genjang atau versi lain. Kalau tukang las profesional yang merekayasa barangkali lebih bagus lagi.

Contoh 1:



          Contoh 2:


 Hal-Hal Lain Lingkup Remote Pagar MOROBUKA:
1. Aktivasi motor (buka/tutup/stop) dapat juga dilakukan dengan memencet tombol push-on pada casing driver, kondisi listrik PLN yang sering padam sama sekali tidak mempengaruhi aktivasi motor (fitur keamanan).
2. Jika dikehendaki,  perangkat alarm dapat dipasang dan diaktifkan dengan cara seperti halnya penggunaan alarm mobil, termasuk bisa di-silent dengan memencet tombol pada remote. 
3. Pagar relatif sulit digerakkan secara manual kecuali dengan mengangkat pagar. Posisinya terkunci karena mekanisme antar gigi pada gearbox. Ini memberi pengertian,  tanpa kunci ganda pun sebenarnya pagar sudah relatif 'terkunci'. Namun demikian pemberian kunci ganda akan menambah keyakinan akan keamanan rumah Anda.
4. Inverter Sine Wave dapat mengatasi segala permasalahan terkait pemadaman listrik PLN.
5. Driver Morobuka  telah dilengkapi dengan proteksi benturan yang dengan otomatis akan mematikan hubungan listrik motor penggerak.
6.  Daya listrik alat ini pada kondisi standby hanya sekitar beberapa watt.  Penggunaan daya maksimal memang sampai ratusan watt tergantung daya motor induksi penggerak,  namun ini terjadi beberapa detik saja. Jika asumsi sekali buka/nutup terjadi selama 20 detik untuk motor 180watt (1/4PK) dan harga 1 kWH Rp.  1.400,00, maka harga listrik untuk sekali buka/tutup sebesar: 20/3600 jam x 0,18kW x Rp.  1400,00 = Rp. 1,40. Hal ini hanya untuk menepis jika alat ini memakan daya yang besar.
7. Alat ini dapat dengan mudah dimodif  menggunakan sensor, wifi, bluetooth, atau pun GSM, namun perlu dipikirkan faktor bahaya yang dapat timbul akibat penggunaannya, terutama bagi anak di bawah umur. Menurut saya, kondisi paling ideal adalah tetap menggunakan remote karena kita tahu posisi amannya kapan sebaiknya kita buka/tutup pagar.   

Load Sensitivity

Pada bagian belakang casing driver MOROBUKA,  terdapat sebuah potensiometer yang berfungsi untuk mengatur kepekaan gerbang terhadap sesuatu yang menghalangi/menghambat jalannya.  Semakin tinggi sensitivitas (high),  maka gerbang akan semakin peka dalam merespon setiap hambatan yang dillalui gerbang.  Pada batas tertentu,  rangkaian umpan balik akan memberi informasi kepada  rangkaian power management untuk kemudian memutus aliran listrik ke motor penggerak. 

Salah satu tujuan penggunaan sensitivitas beban ini adalah agar gerbang dapat berhenti akan berhenti saat ditahan dengan tangan. Namun  demikian perlu juga diperhatikan,  jika pengaturan sensitifitas terlalu tinggi dapat menyebabkan pagar dapat berhenti dengan sendirinya, yang mana dari sisi rangkaian ini bukanlah permasalahan. 


Cara Mengatur Sensitifitas Benturan (Crash Sensitivity
1.    Sebelumnya lakukan pelumasan pada roda pagar,  bersihkan debu kerikil di sekitar rel atau lintasan roda pagar,  kemudian mintalah seseorang memegang pintu pagar
2.     Gerakkan pagar menggunakan remote control untuk membuka atau menutup.
3.     Pada saat bersamaan,  putarlah pelan knob sensitivitas beban mulai arah minimal ke maksimal (sensitif), maka ketika putaran knob Anda berada pada posisi tertentu, motor menjadi 'off'  dan pagar berhenti.
4.     Kalau masih belum yakin,  lakukan kembali dengan cara yang sama sampai Anda mendapatkan posisi knob paling ideal, yaitu hambatan kecil  pada pagar akan menghentikan motor (motor tidak akan berhenti tanpa hambatan besar)
5.     Pastikan knob selalu berada pada posisi ini, kalau perlu diisolasi agar tidak lagi bergerak dengan tidak sengaja. Kalau perlu silakan melakukan kalibrasi kembali kalau terjadi perubahan beban pagar, mengingat bisa jadi beban pagar berubah karena pelumasan berkurang, kerikil yang menghalangi roda pagar, atau gesekan lain yang menyertainya. 


Alternatif Mekanisme Buka-Tutup Pagar Menggunakan SMS 
1.   Dengan menggunakan GSM Shield dan Arduino uno,  hal ini tidaklah terlalu sulit.  Di bawah ini disertakan contoh kode program yang digunakan untuk memberi perintah buka/tutup,  sekaligus menerima konfirmasi pemberitahuan lewat SMS apakah pada saat itu pagar pada  kondisi terbuka atau tertutup.
2.  Setelah kode diupload ke mikrokontroller dan sukses,  langkah selanjutnya adalah membuat aplikasi android (APK) agar pengiriman SMS lebih mudah lagi,  yaitu hanya tinggal menekan tombol aplikasi. Untuk lebih jelasnya terkait hal ini,  dapat dipelajari cara kerjanya pada postingan https://lukmannet.blogspot.co.id/2016/12/morourip-starter-mobil-menggunakan-sms.html
3.   Untuk membuat mekanisme perintah SMS ini,  Anda tidak harus menerapkannya pada MOROBUKA bikinan Ane,  semua sistem buka/tutup pintu/pagar/gerbang insya Allah dapat diterapkan,  bahkan untuk versi manual.  Oke, selamat mencoba... 
 


Kode Program:


Layout APK pada APP Inventor



     Mohon maaf, terkait dengan pemesanan, mengingat terdapat sisi mekanis yang tidak dapat saya sediakan serta barangkali baru pertama kali untuk remote pagar versi DIY,  ane tidak dapat menjualnya secara online. Ane hanya menerima pemesanan untuk area Jember dan sekitarnya secara offline. 
       Namun demikian, jika Anda mengetahui apa yang Anda lakukan dan sudah terbiasa melakukan instalasi motor AC, ane bersedia menerima pesanan drivernya saja. Syaratnya adalah Anda sudah bisa membuat mekanisme  mesin buka-tutup gerbangnya seperti yang ane paparkan contoh pembuatannya pada postingan terdahulu. Untuk meminimalisir masalah, sebaiknya sama dengan merk motor induksi dengan yang ane gunakan yang sama, walaupun sistem mekanis buka-tutupnya bisa jadi tidak sama dengan desain ane. 

        Terkait dengan biaya pembuatan driver tersebut, ane hanya minta ongkos produksi Rp.680.000,00, sudah termasuk remote mobil hyperion (model top) di dalamnya. Silakan hubungi ane lewat WA 087757899640 (bukan SMS)

   
DOKUMENTASI

(Bagian Belakang Casing) 


Catatan: Instalasi Mekanik Central Lock hanya Opsional













 

Dicoba sebelum dikirim secara online:
 

Ketika pagar membentur sesuatu besar atau remote salah pencet