29 Juli 2015

Trik Pengalaman Harian

Pada postingan kali ini (tahun ini) saya akan sharing beberapa trik sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi yang barangkali bermanfaat.

1.    Memanfaatkan Rice Cooker Bekas

Trik ini berawal saat casing plastik rice cooker (fungsi cooking dan warming) yang saya miliki telah lapuk dimakan usia sehingga sangat berbahaya akan adanya korsleting listrik.Namun demikian saya yakin jika pemanas di dalamnya, sekaligus thermostat untuk fungsi cooking, tidak rusak dan akan tetap tahan lama.
Langkah restorasi:
a)    Buanglah seluruh plastik rice comp yang telah lapuk berikut kabel plastik sensor penghangat (warming) yang melingkupinya sampai tersisa rangka dalamnya berupa wadah beras/nasi dan pemanasnya.
b)      Buatlah tatakan wadah nasi tadi menggunakan besi cor yang dilas.
c)       Rice comp siap untuk tetap digunakan, tanpa fungsi penghangat tentunya.

2.    Memanfaatkan Ban Mobil Bekas


Trik ini berawal saat melihat ban bekas mobil ‘ngriwuki’ pemandangan di teras.
Langkah pemanfaatan untuk tempat sepatu:
a)      Bersihkan ban mobil
b)      Buatlah ‘tutup’ ban mobil tadi dengan menggunakan lantai keramik yang dipotong berupa lingkaran.
c)       Tempat sepatu siap digunakan

3. Melindungi Talang Air dalam Mobil 
    


Cara ini berawal saat saya kesulitan untuk memberi lapisan flintcoat pada daerah yang dilewati air pada mobil, sehingga digunakanlah cara sebagai berikut:

 
a)      Campurlah Flintcoat dengan bensin sampai agak encer.
b)      Berilah wadah kosong tempat keluarnya flintcoat cair pada bagian bawah mobil.
c)       Tuangkan campuran tadi dari bagian atas talang air mobil
d)      Ulangi beberapa kali setelah beberapa waktu
e)      Cara ini akan melindungi bagian-bagian yang sering dilalui air baik karena hujan maupun pencucian

4.    Baterai Jam Dinding Tahan Lama

Trik ini berawal saat jam dinding saya mati sedangkan posisinya sulit dijangkau. Cara yang saya gunakan adalah dengan mengganti baterai kecil (A2) dengan baterai besar (A1)

5.    Parkir Mobil Mandiri Mepet Maksimal




Gunakan sebuah cermin menghadap ke spion mobil sebelah kiri/kanan sedemikian hingga saat parkir mundur, kita dapat dengan jelas spasi posisi depan mobil dengan tembok.

6.    Action Kamera Mobil Menggunakan Kamera Biasa



 Langkah Pembuatan:
a)      Tempatkan tripod kamera mini pada spion tengah mobil menggunakan 2 buah klem baja (biasa digunakan untuk selang tabung gas).
b)      Video yang dihasilkan akan terbalik, untuk membalikkan posisi, gunakan aplikasi video rotator for windows.

7.    Melarutkan (Etching) PCB tanpa Capek
     'Aturan' umum untuk membuat Printed Circuit Board (PCB) biasanya menggoyang-goyangkan PCB polos yang telah ditulisi ke dalam larutan Ferri Clorit (Fe2CL3) selama beberapa menit. Kalau PCB cuman 1 tidak masalah, tapi kalau banyak ya, kemeng juga akhirnya.
     Hal ini disebabkan hasil dari reaksi tembaga (Cu) dengan Fe2Cl3 berupa endapan besi (Fe) yang apabila tidak digoyang akan menghambat reaksi dengan sisa tembaga pada PCB. Posisi PCB mengambang terbalik akan membuat zat besi padat yang terbentuk akan tenggelam dan tidak akan mempengaruhi reaksi dengan sisa tembaga. Jadi, biar gak capek goyang Ferri Clorit, biarkan PCB mengambang...



8.    Membuat Speaker Aktif Bluetooth
     Dewasa ini, yang namanya koneksi tanpa kabel sepertinya sudah menjadi kebutuhan. Kali ini saya akan sharing cara mengubah speaker aktif jadoel menjadi modern dengan bluetooh. Tentu saja Anda harus membeli perangkat bluetooth media receiver dulu, harganya sekitar Rp. 40.000,00.
      Biasanya catu daya bluetooth media receiver mempunyai tegangan USB 5V, yang bisa dicolokkan ke charger HP atau power bank.

 
     Biar tidak ribet dengan charger USB HP, ada baiknya Anda buat sambungan sendiri ke trafo dari dalam box speaker aktif dengan cara seperti postingan https://lukmannet.blogspot.co.id/2011/01/membuat-sendiri-charger-hp-usb-portabel.html 


9.   Mengakali Kinerja Modul Relay 5V
      Modul relay yang ada di pasaran mempunyai kinerja akan aktif saaf input diberi masukan negatif/ground.  Hal ini logis mengingat diagram rangkaian sebagai berikut:



Bagaimana jika kita menghendaki kinerja sebaliknya,  yaitu relay bekerja berdasarkan sinyal POSITIF yang masuk?
Bagian yang dilingkari di atas dapat dijadikan jalan pintas untuk melakukan modifiksi input relay dengan kinerja dimaksud: